'Star Wars Fashion Show' ala John Woo





Betapa kuat dan orisinil karya seni yang memang lahir dari kecintaan seseorang akan sesuatu. Seperti John Woo yang mencintai Star Wars, dia adalah seorang ilustrator dari Hong Kong yang gemar me-make over dandanan tokoh-tokoh Star Wars dengan ide-ide anehnya. Hasilnya adalah sosok Darth Vader yang mengenakan jas klasik, Jar Jar Bink yang tampil bergaya playboy dengan setelan celana panjang putih plus sepatu putih, serta penampilan-penampilan tidak biasa figur-figur Star Wars lainnya.

Dan pernahkah anda membayangkan Chewbacca mengenakan kostum seperti di bawah ini ?




Sejak kecil, John Woo memang sangat menyukai film Star Wars dan tumbuh bersama karakter-karakternya. Dia mengkoleksi banyak lego Star Wars. Ketika dia tumbuh dan menjadi seorang ilustrator, dia membuat beberapa artwork penampilan figur-figur film fiksi ini dengan media cat air dan akrilik. Sesuai imajinasi liarnya, dia mengubah kostum / penampilan tokoh-tokoh Star Wars (kebanyakan adalah dengan produk brand pakaian favoritnya, yaitu 'Band of Outsiders').








Seiring waktu, popularitas John Woo makin berkembang, buktinya berbagai media internasional / Asia meresponnya dengan mereview karya-karyanya. Blog fashion populer kelas dunia, 'Highsnobiety' mengajaknya berkolaborasi, dengan mempublikasikan seri ilustrasi 'He Wears It' di dunia maya. Berita terakhir, John Woo membuat ilustrasi Edward Scissorhand, si tangan gunting 'anak kesayangan Tim Burton'.


Di bawah ini adalah terjemahan bebas dari sebuah artikel interview Hitspaper (Jepang) dengan John Woo :


interview : Hitspaper
translated by BlokF.com

Bisakah anda bercerita mengenai latar belakang anda?
Nama saya John Woo, tapi saya bukan sutradara "The Face Off", saya seorang desainer dan ilustrator. Tetapi saya yakin kami memiliki banyak kesamaan, kami berdua menyukai seni dan tumbuh di Hong Kong. Saya memang belajar desain di sekolah lokal, tetapi saya lebih banyak belajar secara otodidak.

Project Star Wars anda adalah karya yang sangat menakjubkan. Bisa tolong ceritakan mengenai konsep dan detailnya ?
Saya tumbuh dengan melihat film Star Wars, maka berbagai karakter tokohnya sangat mempengaruhi saya secara mendalam. Saya benar-benar tergila-gila pada hal itu. Saya juga seorang kolektor lego Star Wars. Mainan-mainan itu berserakan di mana-mana di dalam rumah saya.
Ide untuk menggambar seri ilustrasi 'He Wears It' muncul gara-gara suatu hari saya dan istri saya membicarakan beberapa teman kami yang berpenampilan mirip dengan karakter-karakter Star Wars, terutama gaya berpakaian mereka. seperti Jar Jar Binks yang suka memakai celana bell-borttom dan Darth Vader yang selalu memakai pakaian hitam. Dari sini, muncul sebuah ide untuk me-revolusi style figur-figur Star Wars. Jar Jar Blink perlu berhenti memakai celana bell-bottom-nya dan Darth Vader perlu sekali-sekali melepas kalkulator di dadanya. Darth Vader adalah favorit saya, jadi saya merasa perlu memakaikan brand favorit saya, yaitu 'Band of Outsiders' padanya. Dan tokoh-tokoh Star Wars yang lain juga perlu mengenakan merk favorit saya, dengan menyesuaikan antara karakter dan penampilan yang matching..
Saya benar-benar suka kostum baru Jar Jar Binks.

Bagaimana cara Anda mewujudkan ide itu ?
Mudah sekali. Saya suka melukis dengan cat air dan akrilik. Saya selalu menggunakan media-media tersebut kapan pun saya ingin.

Apa yang hendak Anda ekspresikan melalui karya-karya anda ?
Karya-karya  saya mencerminkan kehdupan sehari-hari dan mengekspresikan emosi saya pada moment itu.

Saat Anda menggambar artwork anda, apa yang Anda pikirkan?
Saya hanya berkonsentrasi pada pekerjaan saya, dan melupakan hal-hal lainnya.

Dalam trend terbaru akhir-akhir ini, apa hal yang sangat disukai orang dari ilustrator-ilustrator seperti Anda ?
Menurut saya, orang-orang menyukai hal-hal ekstrim yang bisa merebut perhatian / mencolok mata. Hal-hal ekstrim itu adalah teknologi digital yang ekstrim. Contohnya seperti film Avatar, atau juga skill-skill yang sangat tradisional secara ekstrim, seperti Ashley Wood dan Dave White. Teknik mereka yang hebat dalam melukis manual dengan tangan (hand-painting) sangat efektif.

Well, lalu apa peran anda sendiri sebagai seorang ilustrator ?
Menurut saya, saya tidak bisa 100% disebut sebagai seorang ilustrator, melainkan pelukis. Sebab seorang ilustrator lebih ke arah komersil, sedangkan seorang pelukis lebih ke arah menggambar dengan bebas.

Menurut anda, apakah anda berpikir bahwa seni dan desain bisa menjadi solusi untuk masalah-masalah yang sedang dihadapi dunia seperti krisis keuangan, perang, terorisme dan isu-isu lingkungan ?
Saya percaya seni dan desain bisa 'merawat' hati manusia. Ketika manusia bisa mengekspresikan emosi mereka dalam seni, maka dunia akan menjadi lebih damai.

Sebagai penutup, bisakah anda memberikan pesan-pesan pada orang-orang Jepang?
Bebaskan dirimu, ekspresikan cintamu. Orang-orang Jepang harus menikmati kebebasan mereka dalam berkesenian.

--------------------------------------------------------------------------

Hmm...
Mari kita menunggu karya-karya John Woo berikutnya, sambil menebak-nebak, kira-kira dengan kostum apa ilustrator ini akan mengganti vest Han Solo dan jubah Master Yoda ?

image source : John Woo / WoosZoo blog
more info : John Woo official website

related article:
Edward Scissorhand wears Band Of Outsiders - by John Woo
Share
Tags: , , ,

About Blueamp

Blueamp adalah media untuk saling berbagi informasi up to date seputar lifestyle, trend dan semua yang sedang happening di Indonesia.. read more