Mocassin : Sepatu 'Indian'


Moccasin adalah sepatu warisan budaya penduduk asli Amerika alias suku Indian. Ciri-ciri jenis sepatu ini adalah terbuat dari kulit, bentuknya cenderung tidak kaku, tanpa hak, serta strukturnya sederhana sekali, yaitu terdiri dari sebuah sol di bagian bawah dan 1-2 lembar kulit di bagian samping, dengan ikatan / jahitan di bagian atas.

(sumber gambar : nativetech.org)


Pada jaman dahulu, kulit yang digunakan adalah kulit rusa. Konon orang-orang Indian menggunakan moccasin untuk melindungi kaki dari udara dingin, oleh karena itu di bagian pergelangan kaki seringkali ditambahkan bulu atau lapisan kulit tambahan. Sepatu ini secara simbolis juga digunakan sebagai penanda yang membedakan sebuah suku dengan suku yang lainnya, mungkin karena inilah di permukaan sepatu ini sering ditambahkan hiasan seperti sulaman atau manik-manik.

(sumber gambar : moccasinhouse.com)


Sol sepatu mocassin didesain menurut lingkungan sekitar yang dialami orang Indian pada masa itu. Jenis moccasin yang bersol agak keras digunakan untuk menaiki gunung, tebing, gurun dan medan yang sulit lainnya. Sedangkan jenis moccasin yang bersol lunak digunakan untuk berjalan di medan ringan seperti hutan. Secara filosofis, bahan sepatu yang relatif lunak ini juga merupakan simbol kesatuan dengan alam, yaitu agar orang yang memakai sepatu ini tetap merasakan / menghayati bumi tempat mereka berpijak.

Suede Mocassin by Monitally

Fur Mocassin Boot by D-Squared

Mocassin by A.P.C.


Mocassin by Tom Ford


Mocassin Collection by Hobo


Mocassin Double Ring By Camper Spanish

 (sumber gambar highsnobiety.com)

Pada saat ini, berbagai ‘keturunan’ sepatu moccasin telah berkembang mengikuti trend dan jaman. Budaya penduduk asli Amerika ini menyebar-luas ke berbagai penjuru dunia. Model, bahan dan jahitannya pun bervariasi mengikuti kreatifitas para produsen sepatu. Yang pasti, semua sepatu mocassin modern itu masih tetap mewarisi karakter budaya orang Indian kuno, yaitu sebuah konsep desain alas kaki yang hangat, primitif dan bersahaja.
BlokF.com
Share
Tags: , , ,

About Blueamp

Blueamp adalah media untuk saling berbagi informasi up to date seputar lifestyle, trend dan semua yang sedang happening di Indonesia.. read more